Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Pernyataan Presiden H+5 Tragedi Kanjuruhan

Neycha Amalia
Kamis, 06 Oktober 2022
Last Updated 2022-10-06T13:56:46Z
masukkan script iklan disini




Yodha Media Indonesia- H+5, setelah dinyatakan ada 131 korban tragedi Kanjuruhan berikut pernyataan Presiden Jokowi, Rabu lalu 05 Oktober 2022 .


"Sebagaimana gambaran yang tadi saya lihat problem nya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam. Karena kalau kita lihat di GBK dengan penonton yang muat 80 ribu orang dengan waktu 15 menit bisa keluar. Dan standar-standar inilah yang harus kita miliki".


Dengan pernyataan tersebut, banyak masyarakat yang geger karena ketidakpuasan jawaban serta dianggap presiden telah memasang badan untuk pihak kepolisian bukan untuk rakyat. Hal ini pun menyebabkan selebritis Okky Madasari membuka suara di twitter nya:


"Mohon maaf pak, RI Pertama pintunya bukan "terkunci", tapi dikunci & tidak dibuka. Kedua Tangganya sekarang yang salah ? (Seolah tak ada lagi yang menjadi lemparan kesalahan, sehingga tanggalah yang menjadi sasaran). Ketiga Dibandingkan GBK yang muat 80 ribu orang. Apakah ada yang menyemprot gas air mata di GBK ? ".


Sedangkan pihak Kepolisian menyatakan pihaknya tidak memegang kunci pintu pada Stadion Kanjuruhan saat laga pertandingan Arema FC vs Persebaya kemarin. Kadiv Humas Polisi Republik Indonesia Irjen Dedi Prasetyo menyebut bahwa sinkron kunci pintu dipegang sang keamanan stadion. Yaitu Stereward sebagai penanggung jawabnya menjaga keselamatan dan keamanan di setiap pintu.



Dedi menegaskan bahwa pihak kepolisian yg melakukan tugas pengamananan kala itu tidak mempunyai wewenang buat memegang kunci. Diketahui, syarat pintu Stadion Kanjuruhan waktu terjadi peristiwa masih simpang siur. Sejumlah pihak menyebut pintu terkunci, tetapi pihak lain membantahnya.


Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing membenarkan bahwa terdapat beberapa pintu stadion yg belum dibuka terjadi peristiwa tersebut. Dia menyebut bahwa pada aturan PSSI disebutkan pintu stadion seharusnya dibuka 10 mnt menjelang pertandingan selesai. Tetapi security officer Arema FC lalai pada menjalankan tugasnya sebagai akibatnya pintu lupa dibuka.Salah satu pintu yg dibuka sehabis pertandingan itu merupakan pada gate 13. Disebutkan puluhan korban tewas global pada lorong pintu masuk ini lantaran berdesak-desakan, terinjak-injak, & kekurangan oksigen.
"Banyak kelemahan panitia pelaksana pertandingan misalnya pintu tidak dibuka, pintu akbar pula tidak dibuka. Lorong ke pada pula gelap," istilah Erwin soal galat satu kelalaian terbesar Panpel Arema pada pertandingan tersebut.


Sumber: Editor Wafa, Nhd.


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Disqus Shortname

Comments system

Tag Terpopuler

Iklan