Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

CAP GO MEH BOGOR STREET FESTIVAL 2023 AJANG PEMERSATU BANGSA

ADOY
Minggu, 05 Februari 2023
Last Updated 2023-02-05T00:48:32Z
masukkan script iklan disini


Yodha Media Indonesia.Com - Bogor, CGM- BSF 2023- Untuk ke- 23 kalinya, pasca reformasi, Cap Go Meh di Bogor yang lebih diketahui dengan istilah CapGoMeh– Bogor Street Festival ( CGM- BSF),  dengan tagline: Ajang Budaya Pemersatu Bangsa, kembali digelar secara terbuka buat universal. Sehabis 2 tahun vakum serta cuma digelar secara tertutup serta hybrid sebab pandemi Covid- 19.


Tahun ini, jadi suatu kebanggaan tertentu, CapGoMeh– Bogor StreetFest masuk dalam salah satu dari 110 kegiatan unggulan Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif tahun 2023, yang baru saja diumumkan oleh Menteri Sandiaga Uno pada Sabtu, 28 Januari kemudian di Halaman Mini, yaitu Karisma Even Nusantara( KEN).


 Beberapa evaluasi oleh kurator dilakukan jauh hari lebih dahulu. Meliputi inovasi serta kreativitas, manajemen event, strategi komunikasi, dan pengembangan bisnis pariwisata serta pemasaran kearifan lokal. 


Pengakuan itu merupakan buah dari kerja keras serta kerjasama yang terbangunsepanjang ini dengan bermacam pihak. Kerjasama antara Panitia Pelaksana yang sangat bermacam- macam dengan Pemkot Bogor serta jajarannya, bersama- sama dengan para budayawan serta sanggar di Kota Bogor serta sekitarnya.


Keterlibatan warga secara langsung pada penerapan event ini pastinya pula sangat menolong. Kelancaran ajang budaya ini pula tidak lepas dari sokongan penuh dari unsur Polri serta Tentara Nasional Indonesia(TNI) bersama dengan lembaga terpaut semacam Dishub, Satpol PP dan warga yang bahu- membahu menyukseskan ajang budaya ini. 


Apalagi tahun ini, CGM- BSF 2023 mengaitkan Liaison Officer dari kalangan kalangan Penyandang Disabilitas, mereka bergabung dengan lebih dari 180 anggota sukarelawan LO- Marshal buat menyukseskan acara rakyat ini.


" Kami berharap, supaya seluruh warga kota Bogor serta sekitarnya, pada bertepatan pada 5 Pebruari nanti bisa bergembira bersama. Melihat dan menikmati keelokan keberagaman budaya kita, yang kami rangkai dalam tema Unity In Diversity. Serta sebab kegiatan ini merupakan Dari Kita Buat Bogor, Dari Bogor Buat Indonesia, ayo kita jaga serta nikmati bersama”. ucap Arifin


Himawan, Pimpinan Pelaksana CGM- BSF 2023. Ribuan pelakon seni ikut serta secara langsung. Selama jalur Suryakencana sampai jalur Siliwangi hendak gemerlap oleh atraksi mereka sepanjang lebih kurang 8 jam. Sebut saja Ogoh- ogoh Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, turut dan memeriahkan kegiatan ini. Pula Ondel- ondel Betawi, serta Reog Ponorogo. Dan belasan Sanggar Kesenian yang berasal dari Jawa Barat serta sekitarnya.


Saat sebelum Parade Pawai Budaya diselenggarakan, para tamu VIP hendak disambut dengan metode tradisional Sunda. Lodong serta Goong jadi karakteristik khas pada acara opening seremonial. Pula doa bersama dari perwakilan 6 agama di Kota Bogor selaku simbol sejuk serta harmonisnya ikatan antar umat beragama di Kota Bogor.


Pada tahun ini, CapGoMeh– Bogor StreetFest 2023, secara resmi memperkenalkan theme song dengan judul Dari Kita Buat Bogor, Dari Bogor Buat Indonesia. Diciptakan oleh salah satu sanggar kebudayaan serta musik kota Bogor. Murid- murid SMP Kesatuan Bogor, menemukan kehormatan untukmenyanyikan lagu ini. Sebab kegiatan ini diadakan dari sore sampai malam hingga pada jam azan maghrib, kegiatan hendak terhenti sepanjang sholat maghrib.


 Panitia menyiapkan penanda arah di sebagian titik mengarah lokasi- lokasi sholat untuk yang ingin melakukan sholat. Tidak hanya itu, panitia pula mempersiapkan pos kesehatan,keamanan cocok dengan yang disyaratkan. Ambulance sokongan dari sebagian Rumah sakit di Kota Bogor serta pemadam kebakaran telah dipersiapkan pada tempat tertentu.


Usai parade kebudayaan serta Sholat Maghrib dekat jam 19: 00, puluhan tandu- tandu, Liong serta Barongsai dengan ratusan pemainnya melanjutkan kemeriahan kegiatan. Partisipan dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi ikut dan meramaikannya. Belasan joli terletak didepan dengan dikawal oleh Kie Lin serta Liong Merah Putih, selaku pembuka jalur.Rangkaian ini dimulai dengan ratusan lampion gemerlap bercorak merah.

 

" Dengan puluhan ribu yang muncul menyaksikannya nanti, kita pasti berharap, secara totalitas kegiatan ini hendak berakibat positif untuk warga Kota Bogor serta sekitarnya. Paling utama akibat ekonomi pada pelakon UMKM", ujar Bima Arya, Walikota Bogor.


" Keberagaman itu suatu keelokan. Di kota Bogor keberagaman itujadi suatu kekuatan yang sanggup membangkitkan kebersamaan. Kebersamaan yang kita butuhkan buat bangkit pasca pandemi covid- 19.Salah satunya merupakan dengan terselenggaranya event yang telah diakuisecara nasional ini", lanjut Bima Arya.


CapGoMeh awal mulanya merupakan ciri akhir perayaan Tahun Baru Imlek, yakni pada bertepatan pada 15 Lunar selaku rasa Syukur Kepada Tuhan. Tetapi di Kota Bogor sendiri, tradisi ini saat ini sudah tumbuh jadi acara rakyat, sebuah ajang parade budaya nusantara yang menunjukkan bermacam- macam budaya, tidak cuma dari kota Bogor tetapi dari bermacam wilayah di Indonesia.


Selamat menikmati keelokan serta kebersamaan dalam keberagaman di Kota Bogor tercinta. Ayo kita jaga bersama kelancaran kegiatan ini. Tiba lebih dini. Nikmati kuliner khas Bogor yang bermacam- macam serta populer. Sore dan malam turut bergembira bersama dalam Unity In Diversity. Dari Kita Untuk Bogor, Dari Bogor Buat Indonesia.***( RT) 



Sumber : Humas Capgomeh

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Disqus Shortname

Comments system

Tag Terpopuler

Iklan