Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Membangun Kabupaten Bogor Menuju Keberhasilan Pada 5 Tahun Kedepan

Nia
Kamis, 25 Juli 2024
Last Updated 2024-07-25T12:32:31Z
masukkan script iklan disini



Yodha Media Indonesia - Terdapat kabar baik tentang Kabupaten Bogor yang diungkapkan ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Susmanto. 


Ia mengatakan terjadi peningkatan signifikan pada kondisi keuangan daerah selama empat tahun terakhir. 


Hal ini memberikan harapan optimistis bagi pembangunan kabupaten Bogor dalam waktu lima tahun ke depan.


Pendapatan daerah diperkirakan mencapai lebih dari Rp10 triliun, naik 29 persen dibandingkan pendapatan tahun 2020 sebesar Rp7,69 triliun. 


Sumber pendapatan tersebut terdiri dari 36,5 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,81 triliun, Dana Perimbangan sebesar Rp3,40 triliun, dan pendapatan lainnya sebesar Rp1,47 triliun.


Pada tahun 2023, kontribusi PAD terhadap pendapatan daerah naik menjadi 40,2 persen. Kenaikan pendapatan sebagian besar disumbangkan oleh PAD yang naik 41,2 persen dari tahun 2020 menjadi Rp3,97 triliun. 


Dana Perimbangan juga meningkat menjadi Rp4,16 triliun, sementara pendapatan lainnya mencapai Rp1,27 triliun.


Belanja daerah juga telah menunjukkan pergeseran yang signifikan. Pada tahun 2020, belanja pegawai menyerap 29 persen dari total belanja daerah. 


Dari total belanja sebesar Rp8,40 triliun, Rp2,44 triliun dialokasikan untuk belanja pegawai, sementara belanja barang dan jasa mencapai Rp2,72 triliun, belanja modal Rp1,48 triliun, dan belanja lainnya sebesar Rp1,75 triliun. 


Pada tahun 2023, belanja pegawai hanya 26,9 persen dari total belanja daerah. Belanja barang dan jasa naik menjadi Rp3,39 triliun, belanja modal Rp1,30 triliun, dan belanja lainnya meningkat menjadi Rp2,23 triliun.


Rudy Susmanto menegaskan bahwa pada tahun 2023 kontribusi PAD terhadap pendapatan daerah akan terus meningkat. 


Hal ini akan menjadi peningkatan yang substansial untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Bogor pada lima tahun ke depan.


Setiap sen dana yang berasal dari APBD dapat digunakan sebaik-baiknya. Kabupaten Bogor harus terus melakukan perbaikan agar setiap sen APBD digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor. 


Dengan potensi alam dan SDM yang ada, Rudy Susmanto sangat optimis bahwa pendapatan daerah masih bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi.


Mari bersama-sama membangun Kabupaten Bogor menuju keberhasilan pada lima tahun ke depan. Segera memperbaiki dan memanfaatkan segala potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Disqus Shortname

Comments system

Tag Terpopuler

Iklan